Amankan Libur Lebaran, Polres Libatkan Seribu Personel Lebih

ciamiszone.id :

CIAMIS,-  Untuk mengamankan libur lebaran 2024, Polres Ciamis melibatkan kekuatan penuh mencapai seribu personel lebih meliputi anggota Polri sebanyak 341 personel, anggota Kodim 0613 500 personel ditambah dari satuan samping kurang lebih 200 personel dari Dishub, Dinkes, Satpol PP dan BPBD.

“Kami turunkan dengan keukuatan penuh, mengingat panjangnya lliburan lebaran tahun ini dan wilayah Ciamis merupakan jalan nasional lintasan menuju Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur, sehingga dibutuhkan kekuatan ekstra dalam pengamanannya,” kata Kapolres Ciamis, AKBP Akmal usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2024 di Halaman Pendopo Ciamis, Rabu (03/03/2024).

“Kami sudah berkomitmen begitu juga dengan Pak Dandim, kami turunkan kekuatan penuh, dari Polres dan Kodim, semuanya dilibatkan termasuk dari instansi samping seperti Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan dan BPBD semuanya mencapai lebih dari seribu personel,” katanya.

Diakui Kapolres, dalam Operasi Ketupat Lodaya 2024 pihaknya mendirikan

8 Pospam, dua posyan dan satu pos terpadu. Yang menjadi titik konsentrasi selain titi-titik tempat wisata yang kerap dikunjungi masyarakat pascalebaran juga Pos Pelayanan di Stasiun Ciamis.

“Hal itu untuk mejaga kemungkinan rawan gangguan Kamtibmas tapi kalau rawan kecelakaan kita juga sudah petakan, sampai saat ini jalur kita kondisi aspalnya sudah cukup bagus, nanti kami akan tempatkan Personel Lalu lintas untuk melakukan pemantauan,” tegasnya seraya menambahkan, untuk bidang keehatan sudah siap bergerak apabila dibutuhkan secara mendadak.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh pemudik, apabila mengantuk silakan berhenti di pos-pos pelayanan atau rest area yang sudah disiapkan oleh pemerintah dan perhatikan kondisi kendaraan sebelum berangkat.

“Cek dulu kendaraannya, berfungsi atau tidak, laik jalan atau tidak, terutama rem dan mesin,” tegasnya.

Bagi masyarakat Ciamis menurut Kapolres, mungkin juga ada yang mudik ke luar kota, pihaknya sudah menyiapkan lahan parkir di kawasan Mapolres Ciamis yuang bisa digunakan untuk penitipan kendaraan.

Kapolres mengakui, dibanding tahun sebelumnya pemerintah memprediksi ada peningkatan arus mudik mencapai 20% tahun ini, diprediksi seluruh rakyat Indonesia melakukan mudik kurang lebih 193,2 juta orang di berbagai daerah.

“Untuk Jawa Barat kami fokusnya di Ciamis sebagai pintu utama arus mudik menuju perbatasan Jawa Barat - Jawa Tengah, meskipun sudah ada tol Trans Jawa tapi kami mengantisipasi di jalur selatan. Ini jalur selatan yang tujuan mudik ke Jawa Tengah, Yogyakarta juga Jawa Timur,” katanya. (Eda/Nank).


Post a Comment

0 Comments