Bazar Ramadhan Disnakkan Bantu Massa Dapatkan Sembako Murah

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Untuk membantu masyarakat mendapatkan harga dibawah pasaran mengingat naiknya harga-harga sembako di bulan Ramadhan, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis menggelar Bazar Ramadhan dengan menyediakan berbagai macam komoditas bahan pokok mulai dari beras, telur, minyak, daging sapi, daging ayam, sayuran dan berbagai produk olahan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), di halaman kantor Disnakkan Kabupaten Ciamis, Selasa (02/04/2024).

Bahan pokok dijual dengan harga dibawah pasaran, beras disediakan terbatas hanya 1.5 ton mengingat banyak kegiatan serupa di tempat lain. Beras dijual dengan harga Rp54.500/5kg, minyak goreng kemasan Rizky Rp14 ribu/liter, telor Rp27 ribu/kg, daging sapi Rp130 ribu/kg, ayam kampung Rp50 ribu/kg dan ayam pejantan Rp30 ribu/kg.

Kepala Disnakkan Kabupaten Ciamis, Dr. Giyatno mengatakan, Bazar merupakan agenda tahunan Disnakkan Kabupaten Ciamis yang digelar setiap bulan Ramadhan. Tujuannya untuk membantu masyarakat mendapatkan harga dibawah pasaran, mengingat naiknya harga sembako di bulan Ramadhan melambung, dan juga untuk membantu roda perekonomian pelaku UMKM.

”Dengan naiknya berbagai harga bahan pokok menjelang Idul Fitri, kami menyiasati dengan bazar ini untuk membantu masyarakat mendapatkan harga yang lebih murah dari harga di pasaran, semoga bazar ini dapat membantu masayarakat,” katanya.

Menurut Giyatno, Bazar Ramadhan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Ciamis dalam mengendalikan inflasi daerah, juga membantu masyarakat mendapatkan komoditas hasil peternakan dan perikanan dengan harga yang relatif murah serta membantu mendongkrak daya beli masyarakat.

Djelaskan, menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 1.445 Hijriyah, ketersediaan daging sapi, daging ayam, telur ayam dan ikan di Kabupaten Ciamis masih aman dan mencukupi, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk persiapan lebaran nanti.

Produksi telur di Kabupaten Ciamis dapat memenuhi kebutuhan sebanyak 40% untuk Ciamis dan 60% sisanya untuk menyuplai kebutuhan luar Kabupaten Ciamis. Sedangkan produksi ayam untuk memenuhi kebutuhan di Kabupaten Ciamis 15%, Jabodetabek 60%, Bandung dan sekitarnya 23% dan 2% untuk luar pulau.

"Terkait kehalalan dan kesehatan daging, kita sudah melaksanakan pemantauan, pembinaan dan pemeriksaan pangan asal hewan dan ikan didua pasar tradisional besar yaitu Pasar Ciamis dan Banjarsari. Alhamdulillah hasil pemeriksaan aman," tegasnya

Dialkui, antusiasme masyarakat sangat tinggi, terbukti bazzar banyak dikunjungi masyarakat sekitar. Banyak masyarakat rela mengantri demi mendapat harga yang dibawah harga pasar, salah satunya harga telur ayam lebih murah dari harga pasaran sudah habis dalam sekejap.

Sunarti (38) salah seorang pengunjung mengatakan, adanya bazzar sangat membantu dirinya juga warga lainnya, apalagi di bulan Ramadhan ini, harga kebutuhan bahan pokok naik.

“Alhamdulillah, saya merasa terbantu bisa membeli kebutuhan pokok dengan harga murah. Semoga bazzar seperti ini makin sering dilaksanakan. Terimakasih Disnakkan," pungkasnya. (Nank)*


Post a Comment

0 Comments