CIAMIS,-
Menanggapi keluhan sejumlah pelanggan karena tidak adanya pemberitahuan
gangguan distribusi air bersih saat dalam perbaikan, Perusahaan Umum Daerah Air
Minum (Perumdam) Tirta Galuh Ciamis memberikan klarifikasi resmi, pihaknya telah
menjalankan prosedur standar pemberitahuan gangguan air kepada pelanggan.
Direktur
Perumdam, Amsi Yudi Purwanto melalui Kabag Layanan Pelanggan, Dadan Firdaus
Hielmy menjelaskan, seluruh informasi terkait gangguan distribusi air selalu
disampaikan melalui berbagai saluran komunikasi resmi.
“Kami
rutin mengirimkan pesan broadcast melalui layanan WA Blast, postingan di akun
Instagram @perumdamtirtagaluh, serta website resmi pdamciamis.co.id,” tegasnya,
Rabu (10/09/2025).
Diakuinya,
dari total lebih dari 4.000 pelanggan yang terdampak gangguan di wilayah
Banagara kemarin, sekitar 1.600 pelanggan telah menerima notifikasi otomatis
karena sebelumnya mendaftarkan nomor WhatsApp mereka ke sistem WA Blast.
"Mekanismenya,
hanya pelanggan yang menyimpan kontak resmi Perumdam di perangkatnya yang bisa
mendapatkan pesan pemberitahuan," jelasnya
Ditambahkan,
selain kepada pelanggan, informasi juga disampaikan ke tokoh masyarakat yang
tergabung dalam grup koordinasi agar lebih cepat menyebar di lingkungannya.
Agar
seluruh pelanggan mendapatkan notifikasi resmi, Perumdam Tirta Galuh mengimbau
masyarakat segera mendaftarkan nomor WhatsApp ke sistem WA Blast.
Caranya
melalui website masuk ke pdamciamis.co.id, pilih menu Informasi & Layanan
Online, lalu klik Daftar Kontak WA Pelanggan atau bisa juga daang langsung ke
kantor pusat Perumdam dan mengisi formular pendaftaran yang tersedia di bagian
layanan pelanggan.
“Pelanggan
yang sudah terdaftar tidak hanya menerima pemberitahuan gangguan distribusi,
tetapi juga berbagai informasi tambahan lainnya,” katanya.
Menurut
Dadan, notifikasi WA Blast juga mencakup program layanan, informasi
pemeliharaan jaringan, promo layanan, hingga pemberitahuan khusus terkait
undian berhadiah, voucher pelanggan, dan program apresiasi lainnya dari
Perumdam Tirta Galuh.
Diakuinya,
selain memberikan kemudahan informasi layanan, sistem WA Blast juga menjadi
sarana untuk memastikan pelanggan tidak ketinggalan update program-program
menarik dari Perumdam Tirta Galuh. Mulai dari pengumuman pemenang undian,
informasi pemberian voucher, hingga promo khusus yang ditujukan bagi pelanggan
aktif.
“Kami
ingin pelanggan tidak hanya mendapatkan kepastian layanan, tetapi juga manfaat
tambahan melalui program loyalitas yang kami jalankan,” katanya.
Untuk
melengkapi akses informasi, masyarakat juga diajak untuk follow akun Instagram
resmi yaitu @perumdamtirtagaluh.
"Melalui
kanal ini, pelanggan bisa memperoleh berita terkini seputar pelayanan, tips
hemat air, kegiatan sosial, serta agenda program Perumdam Tirta Galuh
lainnya," jelasnya.
Pihaknya
berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan air bersih sekaligus
memperkuat komunikasi dengan pelanggan, dengan adanya kanal resmi, setiap
gangguan maupun program bisa diketahui lebih cepat, transparan, dan akurat. (EDA)*
0 Comments