Jajagi Koalisi, PDIP Sambangi NasDem, Ormas Menyusul


ciamiszone.id :

CIAMIS,- Setelah bersafari mengunjungi sekretariat sejumlah parpol, mulai Demokrat, Golkar, PKB, PAN dan PKS, kini Ketua DPC PDIP Kabupaten Ciamis, H. Nanang Permana, MH didampingi sejumlah pengurus berkunjung ke sekretariat DPD Partai NasDem Kabupaten Ciamis, di Jalan Ahmad Yani Kertasari, Ciamis, Rabu (01/05/2024).

“Tujuan kami kesini pada dasarnya bersilaturahmi untuk memperlebar kemanfaatan, Partai NasDem sekarang mempunyai 4 kursi dan PDIP 7 kursi, jika digabungkan menjadi 11 kursi, ini harus bermafaat, termasuk bagi parpol lainnya juga,” kata H Nanang Permana usai berdialog dengan pengurus Partai NasDem.

Menurutnya, menghadapi Pilkada Ciamis 2024 parpol pengusung harus melakukan koalisi karena tidak ada partai yang mencapai 10 kursi untuk itu pihaknya menjajagi keseluruh parpol yang ada di Ciamis.

“Kata orang kunjungan ini safari politik, tapi bagi saya ini adalah rally politik jadi kapan kita harus zig zag, kalau safari itu kan lurus, melingkar. Tujuannya untuk mencari kesepakatan dan keberkahan bagi masyarakat,” katanya.

Diakuinya, prosesi politik itu semuanya harus ditujukan untuk keberkahan bagi masyarakat, kemudian masyarakat jadi damai dengan adanya partai politik, menghadapi Pilkada mencoba mencari dan membaca kemungkinan dalam Pilkada serentak 27 November nanti, apakah berkoalisi mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati atau tidak.

“Kalau mungkin, momentum apa yang akan kita buat bersama-sama sehingga kemungkinan itu bisa tercapai, tapi yang jelas siapa pun yang menjadi Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, tujuannya sudah sama yaitu untuk kemenangan rakyat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga nanang mengakui, pihaknya akan melakukan kunjungan keseluruh partai, setelah dengan NasDem diagendakan dengan PBB dan PPP.

“Seluruh partai akan kami kunjungi, baik partai pemilik kursi atau pun partai yang tidak punya kursi di legislatif. Bahkan kami juga akan bersilaturahmi dengan ormas-ormas yang ada karena mereka juga bagian dari kekuatan politik walaupun bukan politik praktis tapi politik etis,” katanya.   

Kedatangnannya ke sekretariat ormas, menurut Nanang merupakan ikhtiar dari rally politik, jadi bukan safari politik yang hanya punya kepentingan kekuasaan.

“Memasarkan Pilkada serentak adalah momentum untuk pemenang rakyat, harus menjadi pola pikir atau cita-cita semua rakyat. Saya sendiri daftar, kemudian kesempatan terbesar mungkin diberikan ke saya karena ketua partai, tapi apakah ujungnya saya tidak direkomendasi juga bisa, karena ada takdir yang tidak bisa diubah,” jelasnya.

Sementara Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Ciamis, H Wicky Hendarwan mengakui, sebuah penghargaan partainya disambangi partai pemenang Pemilu, meskipun mempunyai 4 kursi Insya Allah pasti harus berkoalisi.

“Hari ini Alhamdulillah sudah berkomunikasi dengan PDI Perjuangan yang mudah-mudahan kedepannya bisa berkomunikasi dengan partai-partai lain,” katanya.

Dijelaskan, NasDem baru akan melakukan pembukaan pendaftaran bakal calon Bupati atau pun Wakil Bupati, selanjutnya tahapan penjaringan akan diplenokan dan hasilnya dierahkan ke DPW untuk duiputusakn oleh DPP.

“Baru hari ini kita akan melakukan rapat, suratnya baru kita terima tadi malam makanya setelah acara ini kita akan melakukan rapat untuk persiapan untuk pendaftaran dan penjaringan,” tegasnya.

Wicky juga mengakui, pihaknya sudah melakukan beberapa komunikasi dengan bakal calon, termasuk dengan Ketua DPC PDIP, mudah-mudahan bisa bersinergi.

“Kami juga mengantongi calon dari internal partai, tapi lihat nanti siapa kader terbaik partai yang mendaftar dan terjaring. Mudah-mudahan ada kader terbaik di Partai NasDem yang siap untuk maju di Pilkada,” tegasnya. (Eda)*


Post a Comment

0 Comments