Sebelum Lengser, Herdiat Sempurnakan Visi “Ciamis Nanjeur 2045”

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Hanya beberapa hari sebelum lengser mengakhiri masa jabatannya pada 20 April 2024, Bupati Ciamis, Dr H Herdiat Sunarya terus berupaya menyempurnakan visi Kabupaten Ciamis yaitu Ciamis Nanjeur 2045 melalui Musrenbang.

Pada rancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Ciamis tahun 2025-2045 sesuai dengan hasil pembahasan telah disusun rancangan visi Kabupaten Ciamis yaitu Ciamis Nanjeur 2045 (Kabupaten Ciamis Religius, Maju, Tangguh dan Berkelanjutan).

Untuk mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan 8 misi yaitu meningkatkan kualitas SDM, mewujudkan ekonomi yang inklusif dan berkualitas, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang inovatif mewujudkan transparansi akuntabilitas dan stabilitas ekonomi.

Hal itu diungkaplkan Bupati Ciamis, Dr H Hediat Sunarya saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD Kabupaten Ciamis Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ciamis Tahun 2025 secara hybrid di Aula Adipati Angganaya Bappeda Kabupaten Ciamis, Rabu (17/04/2024).

"Visi tersebut dalam misinya juga mewujudkan masyarakat madani budaya lestari dan lingkungan yang berkelanjutan, meningkatkan kualitas infrastruktur wilayah yang merata dan inklusif, meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pelayanan dasar serta mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan," katanya.

"Musrenbang RPJPD dan RKPD merupakan kegiatan yang strategis dan memiliki nilai positif sebagai salah satu forum koordinasi antara pemangku kepentingan dalam rangka memberikan saran dan masukan untuk penyempurnaan rancangan dokumen perencanaan yang sedang disusun," katanya.

Konsep visi dan misi yang tertuang dalam dokumen rancangan RPJPD Kabupaten Ciamis juga konsep tema pembangunan tahun 2025 yang dijabarkan kedalam tujuh prioritas daerah seperti yang tertuang dalam dokumen rancangan RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2025.

Dijelaskan, dalam dokumen rancangan RKPD Kabupaten Ciamis tahun 2025 telah dirumuskan tema pembangunan yaitu penguatan kemandirian masyarakat yang dijabarkan ke dalam tujuh prioritas daerah diantaranya, Penanggulangan kemiskinan perlindungan sosial dan penyerapan tenaga kerja. Peningkatan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan. Pengarusutamaan gender, peningkatan kualitas keluarga dan perlindungan anak, peningkatan peran pemuda pengembangan seni olahraga dan pelestarian budaya.

Selain itu juga untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik berbasis Inovasi dan digital. Pembangunan infrastruktur secara merata dan berkelanjutan, juga peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana.

Diharapkan, peserta berpartisipasi aktif menyampaikan saran dan masukan terkait berbagai hal yang belum terakomodir untuk penyempurnaan menjadi dokumen rancangan akhir.

"Dengan begitu dokumen perencanaan yang disusun ini dapat menjadi dokumen yang bersifat komprehensif serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan di masa yang akan datang," ungkapnya.

Bupati yang akan mengakhiri masa jabatannya per 20 April itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat, stakeholders dan segenap unsur pemerintahan daerah Kabupaten Ciamis atas dukungan, kontribusi dalam membangunan Tatar Galuh Ciamis. (Nank/Eda)*


Post a Comment

0 Comments