Jaring Atlet Berprestasi, Percasi Gelar Kejurkab

ciamiszone.id :

CIAMIS,- Dalam upaya mencari atlet berprestasi yang akan dipersiapkan untuk Kejurda Jawa Barat dan Porprov  XV 2026 di Kabupaten Bogor, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Ciamis menggelar Kejuaraan Kabupaten (Kejurkab) tahun 2024 di Gedung KONI Ciamis, Kamis (18/04/2024).


Ketua KONI Kabupaten Ciamis, H Endang Sutrisna sangat mengapresiasi event yang digelar Persaci karena sudah sesuai dengan program kerja KONI.


“Saya salut kepada Percasi, meskipun dengan kondisi seadanya mereka bisa dan mampu menggelar Kejurkab dengan mandiri. Ini jadi contoh untuk cabor lainnya agar segera menggelar event yang sama dalam mempersiapkan event lebih tinggi yaitu Proprov XV yang akan datang di Kota Bogor,” katanya.


Menurutnya, keberadaan Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK) yang dibentuknya akan membantu melakukan pendataan dan mengembangkan seluruh cabor yang ada.


“Keberadaan KOK sebagai kepanjangan KONI di kecamatan untuk membantu mengembangkan dan mendata atlet-atlet serta klub-klub di tiap kecamatan, sehingga cabor diharuskan bersinergi dengan KOK untuk kamajuan olahraga di Ciamis,” katanya.



Sementara Ketua Pengcab Percasi Kabuoaten Ciamis, Harry “Icang” Ramdhan S.KM MM mengakui, Kejurkab diikuti oleh 22 kecamatan dari 27 kecamatan yang ada di Ciamis, sementara ada 5 kecamatan yang tidak mengirimkan pesertanya.


Kelima kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Kawali, Lumbung, Sukamanatri, Cimaragas dan Kecamatan Banjaranyar, mereka tidak mengirimkan pesertanya dengan alasan belum ada pemain.


“Mungkin KOK belum sempat terjun sepenuhnya, sehingga atlet dari lima kecematan tersbeut belum sempat terdata,” katanya.


Diakuinya, dalan kerjurda tersebut setiap kecamatan diwakili olah lima atlet untuk pertandingan beregu empat orang dan seorang cadangan.


Menurut Harry, Kejurkab catur tahun 2024 ini baru pertama kali digelar semasa dirinya menjabat Ketua Percasi Ciamis, dan akan menjadi agenda tahunan.


“Kejurda tahun ini dalam upaya menjaring atlet berprestasi untuk persiapan menghadapi Kerjuda Provinsi Jabar dalam waktu dekat ini dan dilanjutkan untuk persiapan Porprov XV di Kota Bogor 2016 mendatang,” katanya.


Diakuinya, dalam menjaring atlet dari tiap kecamatan, pihaknya bekerjasama dengan KOK yang sudah terlebih dahulu melakukan pendataan atlet.


Menurut Harry, potensi atlet catur di Ciamis cukup banyak dan menjanjikan, hal ini terbukti dengan lolosnya dua atlet Ciamis saat mengikuti Porprov tahun 2022 kemarin.


“Kami akan terus lakukan pembinaan atlet atlet yang berpotensi di daerah. Apalagi KONI sudah membentuk Koordinator Olahraga Kecamatan (KOK),” katanya. (Eda/Nank)*


Post a Comment

0 Comments